Monday, November 25, 2013

Sartono Nasibmu Kini

NASIB PENCIPTA HYMNE GURU KINI.......

Sumber : okezone.com 

Sartono (Istimewa)
Sartono (Istimewa)
MADIUN - Meski lagu Hymne Guru kerap dinyanyikan para siswa, namun sang pencipta, Sartono, hingga kini tidak pernah mendapat hasil atau royalti. Kondisi kesehatannya pun semakin memprihatinkan.


Pria yang tahun ini menginjak usia 76 tahun itu sudah tidak bisa lagi diajak berkomunikasi. Warga Jalan Halmahera, Kota Madiun, Jawa Timur, itu juga sudah lupa dengan lagu yang pernah diciptakan untuk mengenang para Pahlawan Tanpa Tanda Jasa.


Kondisi ini jauh berbeda dibanding setahun Mei tahun lalu. Kala itu, saat disambangi ke rumahnya, jari tangan Sartono masih lincah “menari” di atas tuts piano, membawakan Hymne Guru.


Pria yang menciptakan Hymne Guru pada 1980 itu kini sudah bisa dibilang pikun. Untuk menghadapi tamu yang datang, apalagi menjawab pertanyaan, dia harus dibantu istri tercintanya, Damiati.


Damiati mengakui kondisi suaminya sudah tidak seenerjik dulu lagi. “Sudah tidak bias lagi bermain piano atau bernyanyi karena faktor usia. Di samping itu, ada rasa kecewa yang disimpan Bapak dalam hati. Seolah perjuangan dan karyanya tidak dihargai pemerintah. Tapi kami tetap bersyukur masih bisa seperti ini,” tutur Damiati di rumahnya, Rabu (2/5/2012).


Meski tak pernah mendapat royalti atas lagu ciptaannya, keluarga tetap bersyukur. Beragam penghargaan dari pejabat, setidaknya bisa menghiasi dinding di ruang tamu rumahnya. Piagam itu menemani piano usang, pemberian seorang dermawan.



No comments: