KAOS ternyata jadi salah satu souvenir paling menarik bagi para wisatawan. Pantas saja, sejak belasan tahun lalu, tiap kota wisata punya kaos khas. Jogja masih kuat dengan Dagadu. Kalau Bali, pasti Joger. Bandung malah punya puluhan gerai kaos yang mengusung semangat indie.
Beberapa anak muda Semarang juga coba membangun brand kaos semarangan. Ya, meski belum sekuat Dagadu atau Joger, beberapa merk kaos Semarang sudah mulai dikenal. Desain yang mereka tawarkan juga menarik. Ada yang slenge’an, spesifik, juga ada yang elegan.
Berikut 5 merk kaos Semarangan yang menurut PortalSemarang.Com paling keren desain dan brandingnya : 

Gambang Semarang Kaos Semarangan

Merk kaos ini diciptakan Thomas Dwi Widodo. Konon, ide membat merk kaso muncul ketika Thomas mengerjakan tesis soal bangunan-bangunan tua di Semarang. Merasa saying kalau karyanya berakhir di rak buku pribadi, ia kemudian menciptakan kaos Gampang Sembrangan.
Dari namanya, kita bisa menebak kalau nama Gambpang Sembarang adalah plesetan dari judul lagu Gambang Semarang. Tapi, plesetan ini juga punya arti. “Apa yang kami bat sebenarnya gampang, tapi tetap tidak boleh dilakukan sembarangan,” aku Thomas di situsnya, kaossemarang.com.

Jolali Kaos Semarangan

Desain-desain Jolali sangat terasa Semarangnya. Nakal dan cerdas. Tidak melulu berkaitan dengan landmarkkota, beberapa kaos desain Jolali berkaitan dengan hal yang detail. Kuntul Srondol misalnya pernah mereka pakai. Kuntul Srondol merujuk pada burung di kawasan markas Benteng Raider Srondol.
Kalau teman-teman berminat, datang langung ke Jl. Brigjend Katamso No. 20 Semarang. Sekitar 20 m ke arah Timur dari SMPN 2. Atau Telp. 024-70212207 / 08164242172.

ThousandDoor

ThousandDoor  dibuat dengan bahan katun berkualitas. Konon, dijahit dengan rapih dan cetak gambar menggunakan sistem sablon manual (sablon rubber) atau Direct to Garmen (DTG), bahan kaos diprint menggunakan tinta import khusus textile yang berkualitas, sehingga diperolah gambar atau foto yang bagus.
Produk Thousand tidak hanya berupa kaos tapi juga jumper/hoodie, singlet, sweater, dan jacket. Produk-produk tersebut dapat dipesan dan diorder dengan berbagai macam model, ukuran dan jenis sablon dengan berbagai macam efek sablon. Minat? Silakan hubungi 024 50305757 / 082135 5757 60 atau langsung ke Jl. Lebdosari VII No. 417 Semarang.

Bee Kaos Semarangan

Merk kaos ini cocok dengan untuk teman-teman fotografer. Bee Kaos mendesain  berbagai kaos bertema fotografi. Dari sejumlah desain yang ditawarkan, desain Bee sangat kuat dan dinamis. Warna yang digunakan cerah, menunjukan pribadi muda yang bergairah.

TjoroDjangkrik

Merk kaos ini diciptakan sejumlah mahasiswa Polines. Mereka mengikuti Program Mahasiswa Wirausaha dan memperoleh modal dari sana. Mereka terobeses membuat kaos yang Semarang banget. “Ya, seperti Joger atau Dagadu,” kata mereka.