Saturday, October 12, 2013

SEMARANG, NEGERI 1001 KLENTENG

       Semarang, 1001 Kelenteng 

     dan Akulturasi Budayanya


Photobucket

Semarang, sebagai pusat ibukota Jawa Tengah memiliki sejarah yang panjang dalam perkembangannya hingga saat ini. Pada abak ke 8 masehi, kawasan yang bernama Pragota, kini bernama Bergota adalah pesisir berupa pulau-pulau kecil yang masuk dalam kekuasaan  Mataram Kuno. Pada abad ke 15 seorang yang dikenal sebagai Pangeran Made Pandan, yang dikenal sebagai Sunan Pandanaran 1, melakukan syiar agama Islam di daerah Pergota. Sering dengan waktu, daerah Pergota semakin ramai dan dan semakin banyak penduduknya. Didaerah tersebut juga terdapat sebuah pohon asam (Tamarindus indica), yang kini menjadi nama Semarang yang berasal dari kata Asem dan Arang. Seiring berkembangnya waktu, semarang mengalami perubahan drastis. Dahulu semarang adalah kota pelabuhan dan pesisirnya dengan kanal-kanal yang saling menghubungkan. Terbukti pada tahun 1405 Laksamana Cheng Ho menyandarkan kapalnya di daearah sekitar pasa Bulu (sebelah utara Tugu Muda). Tempat pendaratannya tersebut lalu didirakan Masjid dan Kelenteng, yang saat ini terkenal dengan Sham Poo Kong, atau kuil Gedong Batu.

Photobucket

Mungkin ikon kota Semarang saat ini adalah, Polder Tawang, Gereja Blenduk, Tugu Muda atau Lawang Sewu, namun bagi anak Muda mungkin yang menjadi ikon adalah kawasan Simpang Lima. Namun jika ditelusur jauh kebelakang, Tugu Muda dan Lawang Sewu belum ada kisahnya, terlebih lagi dengan kawasan Simpang Lima. Mungkin akan terlalu jauh jika sejarah Semarang di mulai dari abad 8M, namun ada sebuah penggalan sejarah yang kini masih ada bukti keberadaanya, walau jaman telah menggilas masa lalu. Sebuah peninggalan sejarah masa lalu yang sampai saat ini masih tetap lestari dan layak di kunjungi adalah kawasan Pecinan. Bangunan dan budaya seperti tidak banyak berubah, dan tak berbeda dengan kawasan-kawasan Pecinan di tempat lain, seperti Petak 9 di Jakarta.

Photobucket

Kawasan Pecinan di Semarang terletak di dekat kota Lama denga ikon Greja Blenduk atau Polder Tawangnya. Lebih tepatnya didekat Pasar Johar, Semarang jika ingin memasuki kawasan Pecinan. Di awali dari gang Lombok, sebuah jalan yang tak asing bagi orang Semarang. Gang kecil yang berada di tepi sungai menjadi salah satu akses masuk kedalam kawasan Pecinan. Saat memasuki Gang Lombok, yang pertama kali dilihat adalah sebuah replika Kapal Kayu yang bersandar di Sungai. Namun jauh lebih Manarik lagi ada sebuah Kuil yang konon menjadi kuil  induk kuil di Semarang. Klenteng  Tay Kak Sie merupakan klenteng yang menyiratkan napas Budhisme. Klenteng Tay Kak Sie menjadi simbol heroisme etnis Cina di Semarang atas perlawanan terhadap penjajahan dan menjadi simbol perlawanan ketamakan saudagar Yahudi yang dulu menguasai Klenteng Sam Poo Kong. Di gang Lombok juga terdapat makanan khas Kota Semarang. Lumpia di gang Lombok sangat terkenal, sehingga tidak salah berwisata sekaligus sejenak menikmati sajian kulinernya.

Photobucket

Kultur budaya etnis Ting Hoa begitu kental disini, dari mulau ritual ibadah di Klenteng, perayaan dan seremoni hari-hari tertentu hingga masalah bahasa. Mungkin jika kita masuk dalam kawasan Pecinan Semarang, tak bedanya kita ada di negeri seberang sana. Bahasa aseli tetep di pertahankan dan menjadi media komunikasi, begitu juga dengan bangunan-bangunan rumah maupun klenteng. Patung-patung yang penuh makna filosofi  hingga bau wangin hio menghiasi sudut demi sudut kawasan Pecinan.

Photobucket

Kawasan Pencinan bisa dikatakan kawasan dengan 1001 Klenteng, sebab hampir disetiap titik-titik atau Gang terdepat kelenteng. Ada 11 klenteng besar di Semarang, 10 di antaranya berada di kawasan Pecinan, yaitu Klenteng Hoo Hok Bio, Siu Hok Bio, Tay Kak Sie, Kong Tik Soe, Tong Pek Bio, Liong Tek Hay Bio, Hok Bio, See Hoo Kong, Wie Wie Kiong, dan Klenteng Grajen. Sedang Klenteng Sam Poo Kong berada di Gedung Batu. Setiap bangunan Kelenteng mempunyai cerita historisnya masing-masing, begitu juga dengan makna filosofi disetiap bangunannya.

Photobucket

Berbicara kawasan pecinan mungkin tak akan ada habisnya di bahas, apalagi denga Kelenteng-kelentengnya. Sedikit keluar dari kawasan Pecinan, namun tetap dengan nuansa Tiong Hoa. Ada 2 buah kelengteng yang wajib menjadi tujuan kunjungan, yakni Kuil Gedong Batu dan Watu Gong. Kuil Gedong Batu yang di kenal dengan Sampoo Kong adalah Klenteng yang paling istimewa. Sebuah bangunan dengan simbol akulturasi budaya; Tri Dharma, Budha dan disekitarnya terdapat makam Islam. Akulturasi 3 budaya masa lalu yang terus ada hingga saat ini, sebagai bukti bahwa jaman dulu toleransi beragama dan hidup berdamping itu ada. Tujuan terakhir ada Budha Ghayaa, sebuah kuil Budha yang menjulang tinggi. Terletak di Watu Gong semarang, sebuah kuil dengan pohon Bodi yang rimbun. Walau sebagai tempat ibadah, kuil ini bisa di kunjungi siapa saja dan terbuka untuk umum. Semarang, nuansa 1001 kelenteng yang tak akan habis di gerus jaman. Budaya masa lalu membuka tabir tentang peradaban jaman dulu dan kini membuka cakrawala untuk menuju esok hari yang lebih baik.

No comments: