Saturday, October 5, 2013

MULA BUKANE GUNUNG PATI

Sejarah Kecamatan Gunungpati Semarang


Sejarah Gunungpati, Pertama kali orang mendengar  kata "gunungpati" mungkin terbayang dengan dua gunung kembar dan mayoritas penduduknya adalah petani penghasil pati ya? hmmm tidak sepenuhnya salah. Saya akan menceritakan asal usul dan sejarahnya mengapa disebut Gunungpati.

Sejarah Aslinya menurut para tetua dan cerita para leluhur sebelum saya, dahulu itu beberapa ratus tahun sebelum saya dilahirkan, ada peperangan antara Tuban dan Pati, maka banyak penduduk Pati yang mengungsi untuk menyelamatkan diri dan jiwanya. salah seorang diantaranya adalah Kiai Pati yang menunggangi seekor Sapi bernama Pragolopati mengungsi bersama para pengikutnya. Setelah dirasa aman untuk berlindung , tanahnya subur, bergunung-gunung dan sangat indah. Kemudian  Kiai Pati dan pengikutnya memutuskan untuk mentap dan memberi nama"Gunungpati" karena daerahnya bergunung-gunung dan digabungkan dengan nama sendiri Kiai Pati.


Hanya sebatas itu Sejarah Tentang Gunungpati yang saya ketahui tentang asal mula nama"Gunungpati", namun ada cerita lain tetang "pertempuran 5 hari disemarang" yang juga melibatkan kawasan Gunungpati sebagai Tempat pertempurannya.

Cerita perjungan dari Mbah Haji Hudi sebagai narasumbernya, Saat pertempuran itu Gunungpati menjadi dapur umum, yang dibangun secara sukarela oleh warga, Cerita dibumbui oleh mortir yang beterbangan, peluru kompeni nyasar, bumi berguncang saat bom dijatuhkan, darah bercucuran, mayat berserakan, ceritanya begitu spektakuler, cerita jaman perjuangan yang tidak pernah sekalipun terlewatkan setiap acara tirakatan dari jaman saya masih minum susu dari botol sampe sekarang (sekarang juga masi sering minum susu lho).

Yak cukup sebatas itu "Sejarah Gunungpati" yang saya ketahui, semoga bisa menjadi sumbangan catatan sejarah tentang Gunungpati tempat  saya kuliah tepatnya di Universitas negeri Semarang . kalau kurang lengkap bisa ditanyakan langsung kepada pak Camat Gunungpati....he..he..hee( amung guyon nda..ojo dilebokno ati...)  .

No comments: