Jika anda yang sudah pernah dan belum pernah datang ke Taman Mini Indonesia Indah, tak perlu kawatir, karena di Semarang anda bisa menemukan taman maerokoco, anda bisa melihat anjungan dari 35 Kabupaten di Jawa Tengah. Taman Maeroko terletak di Jalan Yos Sudarso, yang berjarak kurang lebih 5 Km dari Tugu Muda Semarang.  Seperti TMII Jakarta yang merangkum semua rumah adat yang ada di Indonesia, taman maerokoco pun merangkum setiap rumah adat yang disetiap Kabupaten di Jawa Tengah lengkap dengan kerajinan dari masing- masing daerahnya. Anda bisa belajar sekaligus  mempelajari rumah- rumah adat di Jawa Tengah, sungguh pengetahuan baru dan  berharga yang akan anda dapat disini.
Keistimewaan taman maerokoco akan anda rasakan setelah masuk kedalamnya, 35 rumah adat di Jawa Tengah akan memanjkan sejauh mata anda memandang, misalnya seperti rumah joglo Jepara lengkap dengan ukiran khas Jepara hasil kerjainan Jepara, lengkap dengan hiasan gapura mantingan dan replika air terjun songgolangit dan berbagai perlengkapann yang lainnya, daerah kabupaten Kudus terdapat miniature menara kudussebagai bangunan istimewanya, di Kabupaten Magelan di buat miniature candi Borobudur yang menjadi kebanggaan kota Magelan, begitupun dengan rumah adat yang lainnya yang ada di taman maerokoco ini, dibangun menggunakan ciri khas daerah masing- masing lengkap dengan hasil karya dan perlengkapannya. Pelajaran budaya dan pengetahuan rumah adat yang menarik dan wajib anda coba.

Selain 35 rumah adat dari Jawa Tengah, di taman maerokoco ini dilengkapi dengan kolam yang sangat luas lengkap dengan perahu dan becak airnya, anda bisa berkeliling kolam dengan menggunakan kolam mau pun becak air, terdapat juga kereta untuk mengelilingi taman maerokoco. Selain anjungan taman maerokoco anda bisa menikmati tempat wisata lainnya di Semarang yang bisa anda coba, seperti museum ronggowarsito dan pantai marina. Untuk biaya masuk taman anjungan maerokoco dikenakan biaya Rp.3.500/ orang untuk hari biasa dan Rp.4.000/ orang untuk hari libur. Taman maerokoco buka setiap hari mulai dari pukul 08.00- 18.00 WIB