Saturday, January 4, 2014

PAK GANJAR LAN RAKYAT JATERNG .....SUMONGGO KITO SEDOYO BARENG-BARENG NGEWUJUDAKE KEBERHASILAN PROGRAM VISIT JATENG 2014....


Wisatawan Mancanegara Tak Penuhi Target VJT
                           ( Royce Wijaya , Afri Rismoko / CN39 / SMNetwork )
                                            
SEMARANG, suaramerdeka.com - Program Visit Jawa Tengah (VJT) 2013 baru saja berakhir sering dengan pergantian tahun di 2014. Hasil pendataan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Jateng, hanya jumlah wisatawan domestik yang mencapai target pengunjung, yakni 25 juta orang.
Untuk target wisatawan mancanegara sebanyak 500 ribu orang, Dinbudpar tidak berhasil memenuhinya. Selama 2013, jumlah wisatawan mancanegara hanya 325 ribu orang.
Kepala Dinbudpar Jateng Prasetyo Aribowo mengakui target kunjungan wisatawan mancanegara tak bisa dipenuhi karena persaingan ketat sektor pariwisata pada tiap-tiap provinsi. Setiap daerah kini sadar pentingnya pariwisata mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat.
"Walau kunjungan 500 ribu wisatawan mancanegara belum memenuhi target, kami optimis target ini akan terealisasikan pada 2014," katanya di sela-sela menyambut wisatawan mancanegara di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Rabu (1/1).
Dalam kesempatan itu, ia didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Nurjanah, serta General Manager PT Angkasa Pura I, Priyo Jatmiko. Pada jam 8.30, penumpang Air Asia dari Malaysia yang disambutnya berjumlah 119 orang. Sebagian besar merupakan wisatawan mancanegara. Jam 11.30, ada 112 orang penumpang SilkAir dari Singapura tiba di bandara Amhad Yani. Menurut Prasetyo, program VJT ini sebagai gong untuk mengawali perkembangan pariwisata di Jateng.
"Kabupaten/ kota juga harus serius dan secara intens melakukan promosi destinasi wisata yang dimiliki masing-masing. Dari sisi jumlah  isatawan yang  mengunjungi nusantara, Jateng menduduki peringkat ketiga di Indonesia. Ini momentum kebangkitan pariwisata di Jateng," jelasnya.

No comments: